Sampul
Cite This                Tampung       
Jenis Bahan Monograf
Judul Peningkatan kinerja guru kelas tinggi dalam pengelolaan pembelajaran melalui supervisi akademik dengan pembimbingan kelompok pada gugus HOS Cokroaminoto semester I Kecamatan Gabus Kabupaten Pati tahun pelajaran 2018/2019/ Daryati ; editor, Kastowo
Judul Asli
Judul Seragam
Pengarang Daryati (penulis)
Kastowo (editor)
Edisi Cetakan 1, 2019
Pernyataan Seri
Penerbitan Bantul Penebar Media Pustaka 2019
Deskripsi Fisik ilustrasi ; 20 cm
Jenis Isi teks
Jenis Media tanpa perantara
Jenis Wadah volume
Informasi Teknis
ISBN 978-623-7612-09-4
ISSN
ISMN
Subjek Guru, evaluasi
Abstrak Guru pada abad 21 dan abad selanjutnya ditantang untuk melakukan akselerasi terhadap perkembangan informasi dan komunikasi Guru masa depan diperlukan literasi, berkarakter, dan kinerja. Penelitian ini bertolak dari kenyataan rendahnya mutu proses pembelajaran pada kelas Tinggi SD Negeri Gugas Hos Cokroaminoto Kecamatan Gabus Kabupaten Pari. Hal ini disebabkan adanya gara-gara kelas tinggi lebih berrietani pada pencapaian target materi dan lebih mengejar target nisi tinggi pada Ujian Nasional, sehingga cenderung mengabaikan mutu proses pembelajaran Guru dalam maleksanakan proses pembelajaran memiliki kecenderungan sebagai berikut; (1) belum memiliki motivasi umuk membuat perencanaan pembelajaran dengan mengembangkan skenario pembelajaran yang kreatif, tetap lebih memilih memfotokopi RPP yang sudah ada (2) pelaksanaan proses pembelajaran belum mencerminkan pembelajaran ilmiah, (3) pelaksanaan penilaian tidak komprehensip (sikap, pengetahuan, keterampilan) dan belum melaksanakan penilaian proses. Teknik penilaian yang digunakan lebih banyak teknik tes yang lebih memiliki kecenderungan mengukur ranah kognitif yang belum HOTS sedang teknik penilaian non tes cenderung masih diabaikan Permasalahan tersebut diharapkan dapat diatasi melalui pembimbingan terhadap guru melalui supervisi akademik dalam melaksanakan pengelolaan pembelajaran, mulai dari perencanaan, pelaksanaan proses belajar mengajar, sampai evaluasi Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja guru kelas tinggi dalam pengelolaan pembelajaran pada SD Negeri Gugus Hos Cokroaminoto Kecamatan Gabus Kabupaten Pati Metode penelitian ini adalah dengan penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan dengan dua siklus Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kinerja guru mulai sebelum tindakan sebesar 64,9% (kategori cukup), setelah tindakan siklus I menjadi 76,6% (kategori baik), dan setelah tindakan siklus II meningkat lagi menjadi 82.0% (kategori baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan di atas dapat disimpulkan supervisi akademik melalui pembimbingan kelompok yang dilakukan oleh pengawas sekolah Merhadap guru dapat meningkatkan kinerja guru kelas tinggi pada SD Negeri Gugus Hos Cokroaminoto Kecamatan Gabus Kabupaten Pati dalam pengelolaan embelajaran baik aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran ta abilitas (keterampilan mengajar) guru dalam pembelajaran.
Catatan Bibliografi halaman 44
Bahasa Indonesia
Bentuk Karya Tidak ada kode yang sesuai
Target Pembaca Umum
Lokasi Akses Online
 
 

Karya Terkait

  • Matematika 17G / B. Susanta
  • Inovasi pendidikan di sekolah /penulis, Ahmad Suriansyah, Amka
  • Inovasi pendidikan di sekolah / penulis, Ahmad Suriansyah, Amka
  • Bulletin pendidikan guru
  • Kumpulan jurnal PTK-PTS guru tingkat SMP Kabupaten Lebong / Sugeng Sukarno,S.Pd., Cinda Susila. M.PD., Jurman, S.PD., Azhari, S.Pd. ; editor, Atmi Painingsih, M.Pd.
  • Matematika 19A : modul pembinaan peminat calon peserta IMO / oleh R. Soemantri
  • Matematika 21G / oleh R.M.J.T. Soehakso
  • Matematika 18V / oleh Sukardjono M
  • Matematika 14G / Imam Rodji
  • Matematika 22K : modul pembinaan peminat calon IMD / c oleh Subanar