Katalog


Sampul
               
Jenis Bahan Monograf
Judul Hukum & kebijakan lingkungan/ Dr. Moh. Fadli, SH., MH., Mukhlis, SH., MH., Mustafa Lutfi, S.Pd., SH., MH.
Judul Seragam
Pengarang Fadli, Moh., 1965- (penulis)
Mukhlis (penulis)
Mustafa Lutfi, 1984- (penulis)
Edisi Cetakan Pertama, Januari 2016
Pernyataan Seri
Penerbitan Malang: Universitas Brawijaya Press, 2016.
Deskripsi Fisik xvii, 175 halaman ; 23.5 cm
Jenis Isi teks
Jenis Media tanpa perantara
Jenis Wadah volume
Informasi Teknis
ISBN 9786022039112
ISSN
ISMN
Subjek Lingkungan, Kebijakan
Lingkungan hidup - Hukum
Abstrak Permasalahan lingkungan hidup semestinya bukan lagi menjadi permasalahan yang bersifat individual, namun menjadi masalah semua orang. Pendidikan hukum lingkungan di Indonesia, seperti halnya bidang pendidikan yang lain, memerlukan beberapa perubahan untuk menyesuaikan dengan perkembangan yang terjadi. Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sebagaimana yang tercantum dalam Undang-Undang No. 32 Tahun 2009 bukan semata untuk melindungi Indonesia dari kerusakan dan pencemaran lingkungan hidup tetapi juga untuk menjaga keselamatan dan keberlangsungan hidup manusia serta ekosistem bagi generasi masa kini dan masa mendatang. Untuk memenuhi tuntutan perkembangan hukum baru yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang sedang membangun, secara proporsional diperlukan pula pembaharuan pendidikan hukum dan penyesuaian substansi serta metode pengajarannya. Sejalan dengan keunikan hukum lingkungan yang bersifat lintas disiplin ilmu, metode penelitian hukum lingkungan pun mengalami perubahan dan perkembangan yang cepat, sehingga perlu ditunjang dengan program penelitian yang tepat sesuai dengan perkembangannya. Hukum lingkungan sebagai salah satu bidang hukum baru sejak Program Pembangunan dilaksanakan mengalami perkembangan yang sangat cepat dari waktu ke waktu, dengan memperhatikan pula perkembangan secara global dan regional. Perkembangan baru hukum lingkungan di Indonesia disertai pula dengan gerakan Otonomi Daerah yang mempengaruhi substansi dan struktur sistem hukum lingkungan serta pertimbangan budaya hukum, termasuk kearifan lokal yang beragam dan lebih kompleks. Buku ini ditujukan tidak hanya kepada para cendikia namun dapat dibaca oleh siapapun yang tertarik dengan isu lingkungan. Buku ini terdiri dari 9 pokok bahasan yang mengkaji hukum lingkungan hidup.
Catatan Indeks
Bibliografi : halaman 191-197
Bahasa Indonesia
Bentuk Karya Bukan fiksi
Target Pembaca
Lokasi Akses Online

Konten Digital

0010-01190000605_001.jpg

Buka File Digital
 

Karya Terkait

  • Kebijakan kriminal = criminal policy / penulis, Prof. Dr. Dey Ravena, SH., MH., Kristian, SH., M.Hum
  • Tindak pidana korporasi/ Abdul Wahid,SH,MH,SH.,MH
  • Penguatan komisi yudisial : model strategi pengawasan hakim dalam rangka reformasi peradilan / Dr. Nuruddin Hady, SH., MH. ; Prof. Dr. Sukowiyono, SH., MH. ; Desinta Dwi Rapinta, S.Pd., SH., MH.
  • Perkembangan pengaturan amdaldi Indonesia / penulis, Prof. Dr. M. Daud Silalahi, SH., dan Dr. Kristianto, PH, MH.
  • Evaluasi kebijakan pembinaan jabatan fungsional perancang peraturan perundang-undangan / penulis, Edward James Sinaga, SH., MH. ; editor, Mosgan Situmorang, SH, MH.
  • Peradilan restoratif dalam bingkai empiri, teori dan kebijakan / pengarang, Dr. Natangsa Surbakti, SH., M.Hum. ; editor, Faissal Malik, SH., MH.
  • Ilmu negara/ Sapriani, SH., MH., Adita Syaprillah, SH., MH.
  • Pelayanan konsumen / Herianto Ari Wibowo, Moh. Fausi, SH., MH.
  • Penyelesaian sengketa lingkungan / penulis, A'an Efendi, SH., MH
  • Perfoming right : hak cipta atas karya musik dan lagu serta aspeknya / Hulman Panjaitan, SH., MH., Wetmen Sinaga, SE., SH., MH