Abstrak |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan keikatan guru SD pada organisasi, seberapa jauh hubungan tersebut, dan hubungan keikatan guru SD pada organisasi dengan niat untuk meningkatkan organisasi. Faktor-faktor yang disebut (selanjutnya disebut anteseden) adalah karakteristik pribadi (usia, masa kerja, tingkat pendidikan, status pernikahan, motivasi berprestasi, perasaan tentang kompetensi), persepsi tentang karakteristik peran (ruang lingkup pekerjaan, ketatalkasanaan peran/role ambiguity), persepsi tentang lingkungan pekerjaan (keterandalan organisasi, perasaan dipentingkan oleh organinisasi , realisasi harapan individu, persepsi tentang gaji, persepsi individu terhadap perilaku atasan). Sedangkan keikatan pada organisasi dibedakan menjadi keikatan afektif, keikatan berkesinambungan, dan keikatan normatif. Hasil penelitian keseluruhan menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara 14 anteseden dengan ketiga jenis keikatan guru SD pada organisasi |