Abstrak |
Tujuan penelitian ini adalah ingin mempelajari pengaruh faktor rumah tangga dalam pemilihan jenis pendidikan di SMTA dan kondisi pendidikan SMTA kaitannya dengan aspek ketenagakerjaan. Data yang digunakan adalah data hasil Susenas 1992 untuk daerah pulau Jawa kecuali DKI Jakarta. Variabel tak bebas dalam penelitian ini adalah pemilihan jenis pendidikan di SMTA, sedangkan variable bebasnya adalah faktor-faktor rumah tangga. Metode analisis yang digunakan adalah statistic deskriptif berupa analisa table silang dua atau tiga dimensi dan analisis statistic inferensial berupa statistic regresi logistic berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan dalam pemilihan jenis pendidikan di SMTA berdasarkan kelompok tanggungan rumah tangga, pendapatan rumah tangga, pendidikan kepala rumah tangga, jenis pekerjaan kepala rumah tangga, daerah tempat tinggal dan jenis kelamin anak. Jumlah SMU lebih besar (dua kali lipat) dari pada SMK, namun dari rasio siswa per sekolah, SMK relative lebih padat dari pada siswa SMU. Dilihat dari aspek ketenagakerjaan, yaitu dari lapangan kerja, jenis pekerjaan dan status pekerjaan, pekerja lulusan SMK menunjukkan ¿indikasi produktivitas yang lebih baik¿ dibandingkan pekerja lulusan SMU. Penganggur lulusan SMU lebih besar daripada lulusan SMK. |