Sampul
Cite This                Tampung       
Jenis Bahan Monograf
Judul Faktor-faktor komunikasi dan prestasi belajar : (kajian terhadap prestasi belajar yang melibatkan faktor komunikasi keluarga, guru dan Peer Group, media dan sarana, kegiatan belajar dan NEM) / oleh Tuti Iriani
Judul Asli
Judul Seragam
Pengarang Tuti Iriani
Edisi
Pernyataan Seri
Penerbitan 1998
Deskripsi Fisik xiii, [159] lembar ; 28 cm.
Jenis Isi
Jenis Media
Jenis Wadah
Informasi Teknis
ISBN
ISSN
ISMN
Subjek Disertasi akademik - Jakarta
Abstrak Penelitian ini dilakukan di Sekolah Lanjutan Pertama kelas III yaitu SLTP 20 Bulak Rantai, SLTP 49 Kramat Jati dan SLTP 109 Jatiwaringin pada bulan November sampai Desember 1997. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survai dengan teknik korelasional dan model kausal. Populasi penelitian adalah siswa SLTP kelas III berusia antara 14-16 tahun. Penelitian yang digunakan eksplanatif dan kajian yang dilakukan secara kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 128 yang diambil dengan teknik pengambilan sampel purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dengan menggunakan skala likert. Instrumen faktor-faktor komunikasi, kegiatan belajar, madia massa dan sarana dibuat oleh peneliti dengan dasar pengkajian teori. Instrumen tersebut telah memenuhi keterandalan dan kesahihan instrument. Instrumen komunikasi keluarga, instrument komunikasi guru dan instrument komunikasi peer group memiliki koefisien reabilitas masing-masing sebesar 0.87, 0.84 dan 0,83. Proses analisa dilakukan dengan metode analisis multivariate. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan positif antara komunikasi keluarga dengan prestasi belajar, terdapat hubungan positif antara tingkat empathy pada komunikasi guru dan prestasi belajar dengan koefisien korelasi 0,007, terdapat hubungan positif antara sikap mendukung dalam komunikasi peer group dan prestasi belajar dengan koefisien korelasi sebesar 0.008, tidak terdapat hubungan positif antara kegiatan belajar dan prestasi belajar, terdapat hubungan positif antara NEM dan prestasi belajar dengan koefisien korelasi sebesar 0,003, koefisien korelasi telah teruji keberartiannya dengan tingkat signifikan 0,012 (lebih kecil dari 0,05), terdapat model kausal antara komunikasi guru, komunikasi peer group, media dan NEM dengan prestasi belajar.
Catatan Tesis (Magister) - Universitas Indonesia, 1998
Bibliografi : lembar 137-138
Bahasa Indonesia
Bentuk Karya Bukan fiksi
Target Pembaca Umum
Lokasi Akses Online
 
 

Karya Terkait

  • Nahwu dan Sharaf
  • Nahwu dan Sharaf
  • Kitab Minkaj dan Fara
  • Ilmu ramal dan obat
  • Environmental design architecture and technology / Margaret Cottom-Winslow
  • Kebersihan mulut dan peradangan gingiva pasien anak rawat nginap dirumah sakit Fatmawati / Tuti Mutiah
  • Petunjuk keselamatan kerja dalam perbengkelan mesin / Daryanto
  • Pengaruh latar belakang sosiokultural keluarga terhadap tingkat aspirasi pendidikan remaja :penelitian pada siswa-siswa sekolah Menengah Atas Negeri Kabupaten Minahasa Propinsi Sulawesi Utara /Mozes Johan Totomutu
  • Hubungan sanitary landfill dengan kualitas air tanah dan kesan masyarakat :(studi kasus ditempat pembuangan akhir Bantar Gebang, Bekasi) /Tuti Haslinda
  • Deteksi restriction fragment length polymorphisms (RFLP) dengan digesti enzim taqi dan hind III menggunakan pelacak DNA satelit alfa spesifik kromosom 13/21 pada wanita yang mempunyai anak sindron down / oleh Tuti Widianti