Judul |
Higher educational leadership / Gilang Gumilang Dawous, Seri Hartati, Sumiati, Paulinus Kanisius Ndoa, Andika Sapwan, Ira Nadya Octavira, Tepi Mulyaniapi, Deri Yustin Wulandari, Ayhuan Welhelmina Febriana, Joko Setiyono, Ade Manadin, Arip Amin, Riswandi, Sonny Muhammad Ikhsan Mangkuwinata, Siti Khaulah, Muhammad Rezeki Muamar, Yusmadi |
Abstrak |
Kepemimpinan dianggap mengetahui segalanya dan mengetahui mana yang terbaik Tetapi kenyataannya, pemimpin belum bisa mengetahui semua hal dalam diri individu anggotanya. Jika pemimpin mempunyai anggota 100 orang yang bekerja dalam organisasi, apakah pemimpin tahu mana yang terbaik. Jika pemimpin mencoba menyelesaikan semua masalah organisasi, bagaimana seorang pemimpin dapat mengatur waktu melakukan pekerjaan lain. Pemimpin yang serba tahu dianggap dapat menjawab berbagai pertanyaan anggota dan dapat membuat keputusan bijaksana untuk mereka. Maka dari itu perlu kepemimpinan yang mempunyai kualitas manajemen sehingga ia mampu memberdayakan, ia akan mengarahkan anggota untuk bertindak sesuai tujuan organisasi, dan akan mengoordinasikan segala usaha- usaha mereka membangun organisasi, sehingga walaupun pemimpin tidak mengetahui semua hal, pemimpin dapat memahami kebutuhan organisasi. (Graham, S., & Blanchard, K., 2012). |