Jenis Bahan |
Monograf |
Judul |
Supervisi pendidikan : fungsi kepemimpinan pembelajaran dan penjaminan mutu / Dr. Arif Budi Raharjo, M.Si. ; editor, Hanita Ayu |
Judul Asli |
|
Judul Seragam |
|
Pengarang |
Arif Budi Raharjo (penulis)
|
Edisi |
|
Pernyataan Seri |
|
Penerbitan |
Bantul, Yogyakarta : Samudra Biru, CV 2023
|
Deskripsi Fisik |
x, 180 halaman ; 23 cm
|
Jenis Isi |
teks
|
Jenis Media |
tanpa perantara
|
Jenis Wadah |
volume
|
Informasi Teknis |
|
ISBN |
978-623-261-602-8
|
ISSN |
|
ISMN |
|
Subjek |
Pengawas Sekolah Pendidikan - Pengendali mutu
|
Abstrak |
Pengawas dan kepala sekolah adalah para pemeran fungsi kepemimpinan pembelajaran, suatu peran yang sangat menentukan mutu pendidikan. Pembelajaran sebagai proses inti dari setiap upaya yang disebut pendidikan, baik buruknya tergantung kepada dua subjek pendidik tersebut. Kepemimpinan pembelajaran adalah suatu pola kepemimpinan yang memberi penekanan berkembangnya lingkungan kerja yang produktif dan memuaskan bagi guru, sehingga meningkatkan mutu proses dan hasil belajar siswa. Secara ideal dalam peran tersebut para pengawas dan kepala sekolah adalah role model bagi para guru yang tidak hanya mentransformasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan saja, tetapi terampil dalam “menghidupkan” etos belajar peserta didiknya sehingga pembelajaran merupakan sesuatu yang mengundang kegairahan dan bukan sebatas pemenuhan kebutuhan intelektual belaka. Supervisi sebagai upaya yang bertujuan memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran sangat in-line dengan fungsi kepemimpinan pembelajaran. Dasar pemikiran yang memandang guru sebagai subjek utama penentu mutu pembelajaran, mendasari kegiatan supervisi dalam memprioritas fokus kegiatannya sebagai pemberdayaan para pelaku ujung tombak pendidikan ini. Selanjutnya ketercapaian hasil belajar yang optimal oleh para siswa hanyalah menjadi ikutan logis atas keberhasilan kegiatan kependidikan ini (supervisi). Bantuan dalam menghadapi permasalahan instruksional yang dihadapi oleh para guru pada dasarnya sebagai fungsi penjaminan mutu pendidikan. Supervisi pada akhirnya tidak sekadar pengawasan atas kinerja guru dan atau kepala sekolah. |
Catatan |
Bibliografi : halaman 165-179
|
Bahasa |
Indonesia |
Bentuk Karya |
Bukan fiksi |
Target Pembaca |
Umum |
Lokasi Akses Online |
|