Sampul
Cite This                Tampung       
Jenis Bahan Monograf
Judul Gerakan literasi Al-Qur'an : strategi kreatif para pengajar kitab suci di bumi cenderawasih / penulis, Uswatun Hasanah, M.Pd., Dr. Muhammad Rusdi Rasyid, M.Pd.I., Dr. Sudirman, S.H., M.H.I., Dr. Hasbi Siddik, M.Pd.I. ; editor, Dr. Indria Nur, M.Pd.
Judul Asli
Judul Seragam
Pengarang Uswatun Hasanah (penulis)
Muhammad Rusdi Rasyid (penulis)
Sudirman (penulis)
Hasibi Siddik (penulis)
Indria Nur (editor)
Edisi Cetakan: I, Mei 2022
Pernyataan Seri
Penerbitan Yogyakarta: Jivaloka Mahacipta, 2022.
Deskripsi Fisik vii, 110 halaman : ilustrasi ; 20 cm
Jenis Isi teks
Jenis Media tanpa perantara
Jenis Wadah volume
Informasi Teknis
ISBN 978-623-5291-32-1
ISSN
ISMN
Subjek Pendidikan Islam - Al-Qur'an
Abstrak Buku ini membahas diskusi tentang upaya para pengajar, tantangan yang beragam, dan program yayasan dalam meningkatkan literasi al-Qur'an bagi santri Orang Asli Papua (CAP) yang belajar di Rumah Qur'an Yayasan Cahaya Islam Papua (CIP) di Kota Sorong. Buku ini mengungkapkan bahwa strategi untuk meningkatkan literasi al-Qur'an santri CAP melibatkan langkah-langkah seperti menentukan indikator pembelajaran, memilih pendekatan pembelajaran yang tepat, mendorong keterlibatan aktif santri, praktik membaca berulang-ulang, menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung, memberikan penghargaan, memberikan motivasi, melakukan evaluasi, dan tindak lanjut. Motivasi para pengajar dalam mengajar santri CAP didorong oleh rasa muhasabah diri, dorongan agama yang mewajibkan mereka untuk mengajarkan al-Qur'an, serta tanggung jawab untuk menyebarkan Islam kepada masyarakat Muslim Papua. Sementara itu, dorongan kuat santri untuk mempelajari al-Qur'an, dukungan dari keluarga dan yayasan, merupakan faktor internal dan eksternal yang memotivasi mereka. Hasil dari penelitian ini memiliki implikasi penting, yaitu upaya strategis dari para pengajar dalam meningkatkan literasi bacaan al-Qur'an santri Orang Asli Papua di Rumah Qur'an Yayasan Cahaya Islam Papua memiliki potensi untuk mengurangi tingkat buta huruf al-Qur'an dan meningkatkan kemampuan membaca al-Qur'an di kalangan umat Muslim Orang Asli Papua.
Catatan Bibliografi : halaman 81 -86
Bahasa Indonesia
Bentuk Karya Bukan fiksi
Target Pembaca Umum
Lokasi Akses Online
 
 

Karya Terkait

  • Mutasyarik at-thabbi fil baiti wa ar-rihlah/Izzuddin Muhammad Najib
  • AL-MA,NA DI AL-AJI AL-HAL
  • Al- Qur,an- Al- Karim
  • Surat Yaasin : album penyejuk qolbu [rekaman suara] / H. Umar Said
  • Al-Qur,an & saritilawah [rekaman video] / Saritilawah, M. Quraish Shihab
  • Nur Al-Mushalli
  • Dahsyatnya Al- Qur,an : Al-Qur'anul Karim menjadi petunjuk dan solusi bagi umat manusia dalam mengarungi samudera kehidupan / Al-Ustadz Adam Cholil ; editor, Tim AMP Press
  • Al-Miftah Ma Rifat Islam Wa Al-Iman
  • Syarah Ma, Rifat Al Islam WA Al - Iman
  • Menjadi Muslim Profesional sesuai Al-Qur`an