Abstrak |
Buku ini merupakan sumbangsih penulis terhadap dunia pendidikan di Indonesia, khususnya dalam kaitannya dengan keterampilan profesional di Madrasah Aliyah. Bab pertama membahas tentang kurikulum yang meliputi definisi, tujuan, hak kurikulum, konsep dan strategi revisi kurikulum. Bab kedua mencakup pendidikan kecakapan hidup, yang meliputi pengertian pendidikan kecakapan hidup, jenis-jenis pendidikan kecakapan hidup, pelaksanaan program pendidikan kecakapan hidup, tujuan dan manfaat pendidikan kecakapan hidup, dan upaya pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup. Bab ketiga adalah tentang Kecakapan Hidup Profesional yang meliputi pengertian Kecakapan Hidup Profesional, jenis-jenis Kecakapan Hidup Profesional, tujuan Kecakapan Hidup Profesional dan manfaat Kecakapan Hidup Profesional. Bab keempat membahas upaya peningkatan kompetensi lulusan madrasah melalui program pelatihan vokasi yang meliputi manajemen kompetensi, kecakapan hidup profesional dan program pelatihan vokasional. Bab kelima membahas tentang pendekatan pengelolaan kurikulum kejuruan yang meliputi cara administrasi dan manajemen kurikulum, perencanaan kurikulum kejuruan, pelaksanaan kurikulum program kejuruan dan evaluasi pelaksanaan kurikulum program kejuruan. Bab keenam membahas manajemen kurikulum program VET, yang meliputi pendahuluan, metodologi, diskusi, dan kesimpulan. |