Sampul
Cite This                Tampung       
Jenis Bahan Monograf
Judul Hak asasi manusia dalam perspektif hukum Nasional / Dr. Ruslan Renggong, SH., MH., Dyah Aulia Rachma Ruslan, SH., M.Kn.
Judul Asli
Judul Seragam
Pengarang Ruslan Renggong 1963- (penulis)
Dyah Aulia Rachma Ruslan 1993- (penulis)
Edisi Ed.1, Cetakan ke-1, Agustus 2021
Pernyataan Seri
Penerbitan Jakarta : Kencana, 2021
Copyright@2021
Deskripsi Fisik x, 220 halaman ; 21 cm
Jenis Isi teks
Jenis Media tanpa perantara
Jenis Wadah volume
Informasi Teknis
ISBN 978-623-218-969-0
ISSN
ISMN
Subjek Hak asasi
Abstrak Pada awalnya, buku ini adalah disertasi penulis yang berawal dari keinginan untuk membahas berbagai permasalahan dalam pembiayaan murabahah. Salah satunya yakni, pelaksanaan yang kurang transparan. Padahal murabahah merupakan salah satu produk utama bank syariah di Indonesia yang amat kental dengan konsep transparansi, baik di sisi pelaksanaan maupun dari segi prinsip syariah yang melandasinya. Selain itu, praktik perbankan syariah yang ketentuannya berbeda dengan praktik perbankan konvensional, menyebabkan pembiayaan murabahah kurang memberikan perlindungan bagi kepentingan bank syariah dan nasabah. Permasalahan yang berkaitan dengan transparansi dan prinsip syariah dalam pelaksanaan murabahah inilah yang kemudian membawa penulis untuk menghadirkan konsep Transparency Existence Concept (TEC). Konsep ini pada akhirnya akan mendorong peningkatan perlindungan bagi bank syariah dan nasabah dalam murabahah. Selain gagasan menarik di atas, penulis juga menjabarkan secara komprehensif implikasi hukum pembiayaan murabahah dalam perbankan syariah, serta faktor pendorong yang diperlukan untuk memberikan perlindungan hukum bagi kepentingan bank syariah dan nasabah dalam pembiayaan murabahah. Buku ini layak dijadikan buku rujukan penting bagi banyak pihak, khususnya para mahasiswa yang berkecimpung mempelajari hukum perbankan syariah, para dosen pengajar, dan tentunya sangat layak dibaca oleh para praktisi dan pemangku kebijakan perbankan syariah, agar dapat meningkatkan perlindungan hukum bagi bank syariah maupun nasabah.
Catatan Bibliografi : halaman 211 - 217
Bahasa Indonesia
Bentuk Karya Bukan fiksi
Target Pembaca Umum
Lokasi Akses Online
 
 

Karya Terkait

  • Hukum acara pidana : memahami perlindungan HAM dalam proses penahanan di Indonesia / penulis, Dr. Ruslan Renggong, S.H., M.H.
  • Sketsa pemikiran HAM di tanah merdeka / Mubarak Ahmad, Manager Nasution, Ahmad Ruslan, Rizkindo Junior R. ; editor, Muklas Irwanto Subaktiar
  • Kiat dan strategi kampanye public relations / Rosady Ruslan, S.H., M.M.
  • Syari’at Islam di Aceh : Realitas dan Respon Masyarakat / penulis, Dr. Fauzi Ismail, M.Si., Abdul Manan, M.Sc., MA., Ph.D ; editor, Ruslan, M.Si., M.LIS.
  • Modul praktikum biokimia : untuk mahasiswa bidang kesehatan / penyusun, Devyana Dyah Wulandari, Ary Andini
  • Aspek-aspek pokok agama Islam / Hakim Abdul Hamed ; diterjemahkan oleh M. Ruslan Shiddieq
  • Metodologi penelitian PJOK / Rahmat Hermawan, Candra Kurniawan
  • Bunga rampai hukum lingkungan / penulis, Jantje Tjiptabudy, La Ode Angga & Hasan Suat
  • Laporan kajian refleksi prolegnas 2010-2014 menjejakkan legislasi berbasis HAM/ : Nurrahman Aji Utomo
  • Dilema otoritas : kritis atas prinsip aksesibilitas dan efektivitas kinerja komnas HAM perwakilan Papua, Aceh dan Poco / penulis, Emil A. Laggut, Syamsuddin Radjab