Abstrak |
Pendidikan merupakan proses sosialisasi anak yang terarah. Hakikat pendidikan sebagai proses pengoperasian ilmu yang normatif, akan memberi warna kehidupan sosial anak di dalam masyarakat dan kehidupan mereka di masa yang akan datang. Pendidikan dalam arti luas harus diartikan bahwa perkembangan anak dipengaruhi oleh kehidupan keluarga, masyarakat dan kelembagaan. Penanaman norma perilaku yang benar secara sengaja diberikan kepada peserta didik yang belajar di kelembagaan pendidikan. Pendidikan Islam yang mengandung nilai-nilai kebenaran dari konsep llahi menyempurnakan serta mengoreksi kekurangan sistem pendidikan yang ada. Metode pendidikan Islam mendorong, memfungsikan, serta mengaktualisasikan segenap kemampuan jasmaninya. Buku ini merupakan tinjauan teoritis dan praktis dengan pendekatan interdisipliner yang memacu mahasiswa, dosen, serta lembaga-lembaga pendidikan Islam meningkatkan dan memperluas studi mereka. Adapun pokok bahasannya meliputi teori dan pemahaman pendidikan Islam, termasuk metodologi, institusi, pendekatan, materi, metode, tujuan, serta evaluasi. |