Sampul
Cite This                Tampung       
Jenis Bahan Monograf
Judul Kajian komunikasi dalam era post-truth / Santi Susanti, Asep Suryana, Fitria Ayuningtyas, dkk. ; editor ahli, Suwandi Sumartias, Kunto Adi Wibowo, Nindi Aristi
Judul Asli
Judul Seragam
Pengarang Santi Susanti ((penulis)) - (Buzzer politik: kekuasaan dan berita hoaks)
Asep Suryana ((penulis)) - (Dunia ibu rumah tangga, dunia handphone, dan dunia post-truth -- Era post-truth dalam bingkai setting sekolah bagi anak autis di Rumah Autis cabang Bekasi Jawa Barat)
Fitria Ayuningtyas ((penulis)) - (Era post-truth dalam bingkai setting sekolah bagi anak autis di Rumah Autis cabang Bekasi Jawa Barat)
Suwandi Sumartias ((penulis)) - (Etika komunikasi era post-truth: studi literatur karya Josina M.Makau -- Buzzer politik: kekuasaan dan berita hoaks)
Zahra Rana Khalka Hartono ((penulis)) - (Fanwar dan cyber-agression: pasca-kebenaran dan instagram)
Justito Adiprasetio ((penulis)) - (Fanwar dan cyber-agression: pasca-kebenaran dan instagram)
Nindi Aristi ((peulis)) - (Fanwar dan cyber-agression: pasca-kebenaran dan instagram)
Renata Anisa ((penulis)) - (Hoax informasi kesehatan pada media sosial di era post-truth)
Retasari Dewi ((penulis)) - (Hoax informasi kesehatan pada media sosial di era post-truth)
Detta Rahmawan ((penulis)) - (Inovasi digital di Indonesia: antara wacana dan relevansinya di masyarakat)
Jimi N. Mahameruaji ((penulis)) - (Inovasi digital di Indonesia: antara wacana dan relevansinya di masyarakat)
Indriane Daradila Mustika Dinar, 1997- ((penulis)) - (Menyoal produksi berita di Tribunstyle.com)
Achmad Abdul Basith ((penulis)) - (Menyoal produksi berita di Tribunstyle.com -- Praktik jurnalisme dalam media tanpa rumah @infotidayeuhkolot di era post-truth)
Melati Nurul ((penulis)) - (Praktik jurnalisme dalam media tanpa rumah @infotidayeuhkolot di era post-truth)
Puji Prihandini, 1988- ((penulis)) - (Peristiwa bunuh diri dalam kaca mata media daring (Analisis framing pemberitaan bunuh diri oleh media daring detik.com) -- Pesan faktual Kemenkes terkait bajakah obat kanker di channel Youtube (studi etnografi virtual tentang keberadaan video Kemenkes tak sependapat bajakah disebut penyembuh kanker di channel Youtube Kompastv))
Rachmaniar, 1981- ((penulis)) - (Peristiwa bunuh diri dalam kaca mata media daring (Analisis framing pemberitaan bunuh diri oleh media daring detik.com) -- Pesan faktual Kemenkes terkait bajakah obat kanker di channel Youtube (studi etnografi virtual tentang keberadaan video Kemenkes tak sependapat bajakah disebut penyembuh kanker di channel Youtube Kompastv))
Hana Alifah Sakina, 1997- ((penulis)) - (Stereotype budaya di era post-truth: studi kasus hambatan komunikasi antarbudaya Indonesia-Uzbekistan pada Asian Games 2018)
Ditha Prasanti, 1988- ((penuis)) - (Menyikapi era post-truth: pencegahan hiv aids bagi siswa SMA di Pangandaran)
Dwi Masrina ((penulis)) - (Politik AMerika Serikat: kebenaran adalah keyakinan, kepentingan, dan kesepakatan)
Yulinda Erlistyarini ((penulis)) - (Politik Amerika Serikat: kebenaran adalah keyakinan, kepentingan, dan kesepakatan)
Andika Vinianto Adiputra ((penulis)) - (Stereotype budaya di era post-truth: studi kasus hambatan komunikasi antarbudaya Indonesia-Uzbekistan pada Asian Games 2018 -- Televisi lokal di era post-trut society: pelestarian budaya Sunda melalui siaran konten budaya lokal)
Hadi Suprapto Arifin ((penulis)) - (Stereotype budaya di era post-truth: studi kasus hambatan komunikasi antarbudaya Indonesia-Uzbekistan pada Asian Games 2018 -- Menyikapi era post-truth: pencegahan hiv aids bagi siswa SMA di Pangandaran)
Ade Nasihudin Al Ansori, 1996- ((penulis)) - (Televisi lokal di era post-trut society: pelestarian budaya Sunda melalui siaran konten budaya lokal)
Ditha Prasanti ((penulis)) - (Menyikapi era post-truth: pencegahan hiv aids bagi siswa SMA di Pangandaran)
Ikhsan Fuady ((penulis)) - (Menyikapi era post-truth: pencegahan hiv aids bagi siswa SMA di Pangandaran)
Kunto Adi Wibowo (editor)
Edisi
Pernyataan Seri
Penerbitan Surabaya : Bitread Publishing, 2020
Deskripsi Fisik x, 254 halaman : ilustrasi ; 20 cm
Jenis Isi teks
Jenis Media tanpa perantara
Jenis Wadah volume
Informasi Teknis
ISBN 978-623-224-463-4
ISSN
ISMN
Subjek Komunikasi digital
Media sosial
Abstrak Era digitalisasi telah mewujudkan komunikasi dunia maya yang sangat mudah dan cepat. Netizen saat ini menjadi pelaku utama dalam komunikasi lewat media social atau internet di seluruh dunia. Selain berbagi fakta dan atau informasi, netizen juga kini menjadi “produsen” hoaks dan “fake” news yang teramat massif. Pada gilirannya komunikasi masuk dalam era post-truth. Post-truth atau pasca-kebenaran merupakan sebuah istilah yang mulai banyak digunakan sejak tahun 2015 dan mencapai puncaknya pada 2016 hingga dinobatkan sebagai International word of the year oleh Oxford dictionaries. Kondisi post-truth memuncak dalam momen politik yang digerakkan oleh sentiment emosi seperti Brexit dan terpilihnya Trump. Dalam situasi tersebut, informasi-informasi hoaks memiliki pengaruh yang jauh lebih besar ketimbang fakta yang sebenarnya. Hoaks dan fake news jika diamini oleh masyarakat bisa membahayakan semua aspek, bahkan bisa mengancam keutuhan berbhineka. Ketika masyarakat sudah mengamini hoaks dan fake news, berarti masyarakat sudah tidak peduli lagi dengan berita yang sesuai dengan fakta.
Catatan Termasuk bibliografi
Bahasa Indonesia
Bentuk Karya Bukan fiksi
Target Pembaca Umum
Lokasi Akses Online
 
 

Karya Terkait

  • Segala kebenaran adalah kebenaran Allah / penulis, Arthur F. Holmes ; penerjemah, Solomon Yo, Yongky Karman ; editor, Yvonne Potalogi
  • Kebenaran tentang menyampaikan maksud anda / Lonnie Pacelli ; penerjemah, Fitria Liza ; editor, Daniel P. Purba, Yati Sumiharti
  • To be you / Eileen R. Hannegan, Elizabeth S. Macdonell ; pengalih bahasa, Marthen Ragowino Bira ; penyunting, Andreas Haryono
  • Panggilan khusus : panggilan untuk menjadi sempurna seperti Bapa /
  • Dasar-dasar kebenaran : suatu penelaahan tentang ajaran alkitab / disusun oleh Floyd C. Woodworth, David D. Duncan; diterjemahkan oleh Manese Rumkenny
  • Meer woorden van troost en bemoediging / Daniel Considine S.J.
  • Kebenaran tentang Dusta / Tan Khian Seng; Penerjemah, Yan Iskandar
  • Kebenaran sederhana / by Jodi Picoult ; alih bahsa, Esti Ayu Budihapsari
  • Mengatakan kebenaran dalam kasih : konseling dalam komunitas / David Powlison ; penerjemah, Lana Asali Sidharta ; editor, Peni Simangunsong
  • Cara ampuh mengetahui pembohong / Gregory Hartley, Maryann Karinch ; alih bahasa, Aron Simanjuntak ; penyunting, Nia Melati