Sampul
Cite This                Tampung       
Jenis Bahan Monograf
Judul Delik agama : dalam KUHP dan rancangan KUHP Indonesia dan telaah perbandingan hukum dengan KUHP Inggris, Belanda, Malaysia, Thailand, Singapura, Jerman, Prancis, Kanada, Latvia dan Finlandia / Dwidja Priyatno, Kristian; editor, Ahmad Hunaeni Zulkarnaen
Judul Asli
Judul Seragam
Pengarang Dwidja Priyatno (penulis)
Kristian (penulis)
Edisi Cetakan I: Januari 2019
Pernyataan Seri
Penerbitan Bandung : Pustaka Reka Cipta, 2019
Deskripsi Fisik xi, 245 halaman ; 24 cm
Jenis Isi teks
Jenis Media tanpa perantara
Jenis Wadah volume
Informasi Teknis
ISBN 978-602-1311-34-9
ISSN
ISMN
Subjek Hukum pidana Islam
Abstrak Sila pertama dari Pancasila sebagai falsafah hidup, jiwa, pandangan, pedoman dan kepribadian bangsa Indonesia sekaligus menjadi falsafah bangsa dan negara serta menjadi sumber dari segala sumber hukum di Indonesia. Ini berarti, Indonesia adalah salah satu negara ber-Tuhan dan memiliki filosofi Ketuhanan yang mendalam serta menempatkan agama sebagai sendi utama dalam kehidupan bermasyarakat, berbagsa dan bernegara. Oleh karenannya, dalam konteks Negara Hukum Pancasila (sebagai religious nation state), agama menempati posisi sentral dan hakiki dalam seluruh lehidupan masyarakat yang perlu dijamin dan dilindungi.Pengaturan mengenai delik agama ini dipandang penting karena penghinaan (atau cara-cara lainnya) terhadap suatu agama (dan kepercayaan) yang diakui di Indonesia dapat membahayakan perdamaian, kerukunan, ketentraman, kesejahteraan (baik secara materiil maupun spirituil), mengganggu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia serta mengancam stabilitas dan ketahanan nasional.Buku ini merupakan kajian teoritis atau kajaian ilmiah/akademik yang didukung oleh norma-norma yuridis sebagaimana tertuang dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP), Undang-Undang No.1/PNPS/1965 tentang pencegahan penyalahgunaan dan/atau penodaan agama serta perbandingannya dengan berbagai KUHP di berbagai negara.
Catatan Termasuk bibliografi
Bahasa Indonesia
Bentuk Karya Bukan fiksi
Target Pembaca Umum
Lokasi Akses Online
 
 

Karya Terkait

  • Nahwu dan Sharaf
  • Nahwu dan Sharaf
  • Kitab Minkaj dan Fara
  • Ilmu ramal dan obat
  • Sistem pertanggungjawaban pidana korporasi : ditinjau dari teori dan konsep, pendapat para ahli, pertimbangan hakim, dan yurisprudensi / Prof. Dr. H. Dwidja Priyatno, S.H., M.H., Sp. N., dan Dr. Kristian, S.H., M.Hum.
  • Wajah hukum pidana : asas dan perkembangan / Dwidja Priyatno ; editor Henny Nuraeny
  • Pertanggungjawaban pidana korporasi / Muladi, Dwidja Priyatno
  • Kapita selekta : hukum pidana / Dwidja Priyanto
  • Kebijakan legislasi tentang sistem pertanggungjawaban pidana korporasi di Indonesia / Dwidja Priyatno
  • Kebijakan legilasi tentang sistem pertanggungjawaban pidana korporasi di Indonesia / Dwidja Priyatno