Sampul
Cite This                Tampung       
Jenis Bahan Monograf
Judul Dekonstruksi putusan bebas & putusan lepas dari segala tuntutan hukum / Prof. Dr. Marcus Priyo Gunarto, S.H., M.Hum., Wahyu Sudrajat, S.H., M.H.Li.
Judul Asli
Judul Seragam
Pengarang Marcus Priyo Gunarto, 1960- (penulis)
Wahyu Sudrajat, 1980- (penulis)
Edisi Cetakan I, Juli 2018
Pernyataan Seri
Penerbitan Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2018
Deskripsi Fisik xi, 288 halaman ; 23 cm
Jenis Isi teks
Jenis Media tanpa perantara
Jenis Wadah volume
Informasi Teknis
ISBN 978-602-229-909-7
ISSN
ISMN
Subjek Keputusan hakim
Abstrak Dekonstruksi adalah sebuah metode pembacaan teks. Dengan dekonstruksi ditunjukkan bahwa dalam setiap teks selalu hadir anggapan-anggapan yang dianggap absolut. Padahal, setiap anggapan selalu kontekstual, anggapan selalu hadir sebagai konstruksi sosial yang menyejarah. Polemik pemaknaan antara putusan bebas dan putusan lepas yang menghinggapi para hakim hingga saat ini masih berlangsung. Hal ini tak lain karena KUHAP sendiri yang menjadi aturan induk dalam hukum acara pidana mengatur putusan bebas dan putusan lepas secara membingungkan. Selain itu, munculnya diskursus baru yakni bebas murni dan bebas tidak murni semakin menambah pelik dikotomi antara putusan bebas dan putusan lepas. Saat ini bebas murni diidentikan dengan putusan bebas, dan putusan bebas tidak murni diidentikan dengan putusan lepas, dan kedua putusan ini dapat diajukan upaya hukum kasasi, padahal penjatuhan atas kedua jenis putusan bukan pemidanaan ini dapat menimbulkan konsekuensi hukum yang berbeda. Buku ini mencoba untuk menelusuri bahwa pemaknaan atas putusan bebas dan lepas yang terdapat dalam KUHAP tidak dapat lagi digunakan karena telah berkembangnya ajaran dualisme dalam konsep pertanggungjawaban pidana yang “dikawinkan” dengan ajaran mengadili suatu perkara.
Catatan Termasuk bibliografi
Bahasa Indonesia
Bentuk Karya Bukan fiksi
Target Pembaca Umum
Lokasi Akses Online
 
 

Karya Terkait

  • Aneka putusan pidana Hakim Bismar Siregar /editor, Wahyu Afandi
  • Kaidah-kaidah hukum putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia / penulis, Drs. H. Busra, S.H. M.H., Fajar Hernawan, S.H.I., M.E.I
  • Buku ajar sosiologi perilaku menyimpang : pelanggaran lalu lintas di kalangan remaja / Dwiyanti Hanandini, Indraddin, Wahyu Pramono, Machdaliza
  • Aloysia : kisah perawat di era awal genangan 1960-1980 / penulis, Ari Hermawan Saputra
  • Mr & Mrs egois / penulis, Wahyu Sujani ; penyunting, Muhajjah Saratini
  • Pendidikan masa kini dan masa depan / Hj. Roudhatul Jannah A. S.Pd., Zibdah, Widati, S.Pd., Nur Aeny, Tatik Indarwati, S.Sos.I., Ade Mardiani, S.Pd.I., Yeza, Wahyu Fatihah, Anita Fizqiyah, Sugiono, Ali Usman, S.S., M.Pd. ; penyunting, Nurus Samawati Annisa, S.Pd.
  • Ojek online : problematika dan peluang pengaturannya di Indonesia / Tim Penulis, Prof. Dr. Nurhasan Ismail, S.H., M.Si., Prof. Dr. Marcus Priyo Gunarto, S.H., M.Hum., Linda Yanti Sulistiawati, S.H., M.Sc., Ph.D., Andi Sandi Antonius T.T., S.H., LL.M,. Dian Agung Wicaksono, S.H., LL.M., Ananda Prima Yurista, S.H., M.H., I Nyoman Aji Duranegara Payuse, S.H., LL.M., Muhammad Ahlul Amri Buana, S.H., B.A., Adv.LL.M.; editor, Dr. Chrysnanda Dwilaksana, M.Si.
  • Peta harta / Marcus A.S.
  • Perkawinan Khong Beng / diceritakan kembali oleh Marcus A.S. ; editor, Wahyu W.
  • Standards relating to adjudication