Sampul
Cite This                Tampung       
Jenis Bahan Monograf
Judul Smart ecoprofitable local food (SELF) : pemberdayaan kelompok wanita tani (KWT) dalam mengolah pangan lokal / oleh Alifia Irfani, Gunung Aji Massaid, Hifzullisan Sohih, Moh. Nailun Ni'am, Tri Eva Laila Mj ; editor, Aditya Dwi Gumelar ; korektor, Aditya Dwi Gumelar
Judul Asli
Judul Seragam
Pengarang Alifia Irfani, 1996- (pengarang)
Gunung Aji Massaid, 1996- (pengarang)
Hifzullisan Sohih (pengarang)
Nailun Ni'am, Moh. (pengarang)
Tri Eva Lila Mj., 1996- (pengarang)
Aditya Dwi Gumelar (editor) (korektor)
Edisi
Pernyataan Seri
Penerbitan Bogor : Penerbit IPB Press, 2017
Bogor : Percetakan IPB, 2017
© 2017
Deskripsi Fisik viii, 60 halaman : ilustrasi ; 23 cm
Jenis Isi teks
Jenis Media tanpa perantara
Jenis Wadah volume
Informasi Teknis
ISBN 978-602-440-177-1
ISSN
ISMN
Subjek Kelompok Wanita Tani
Teknologi pangan
Abstrak Peraturan Pemerintah (PP) RI No. 68 Tahun 2002 tentang Ketahanan Pangan, menjadi dasar dalam mewujudkan penganekaragaman pangan. Menurut Bandan Bimas Ketahanan Pangan (2003) pada PP tersebut secara rinci dijelaskan bahwa penganekaragaman pangan diselenggarakan untuk meningkatkan ketahanan pangan dengan memperhatikan sumberdaya, kelembagaan, dan budaya local. Penganekaragman pangan ini menjadi penting mengingat pada pola konsumsi masyarakat Indonesia yang terpaku pada komoditas beras bahkan beras sudah menjadi makanan pokok tunggal. Pengembangan pemanfaatan sumberdaya local ditujukan untuk meningkatkan ketersediaan mutu dan penganekaragaman pangan. Selain itu dalam pengembangannya diharapkan dapat tergalinya potensi pangan local dalam meningkatkan ketersediaan bahan pangan tersebut untuk pemenuhan kebutuhan konsumsi pangan yang bermutu, beragam, dan terjangkau di rumah tangga masyarakat. Tentunya permasalahan tersebut memerlukan solusi yang dapat diterapkan secara mudah di Indonesia. Pengembangan wirausaha melalui pendidikan kewirausahaan merupakan salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk menjadikan wanita tani sebagai wanita wirausaha yang produktif dan mandiri yang kemudian akan diikuti oleh peningkatan pendapatan dan kesejahteraan keluarga.
Catatan Bibliografi : halaman [56]
Bahasa Indonesia
Bentuk Karya Bukan fiksi
Target Pembaca Umum
Lokasi Akses Online
 
 

Karya Terkait

  • Evaluasi pemilu orde baru : mengapa 1996-1997 terjadi pelbagai kurusuhan? / Dra. Valina Sinka Subekti, M. Si, Drs. Ahmad Suhelmi, M. A, Drs. Ucu Aditya Gana, Drs. R. Eep Saefulloh Fatah, Faisal H. Basri, M. A
  • Nice 'n' easy rindik [rekaman suara] : The Balinese tradisional bomboo & flute music/ penabuh, Ketut Surjana ... [et al.].
  • Evers renegedes : victorian anti-feminist women novelist / Valerie Sanders
  • Studi kelayakan pengelolaan limbah elektronik di kota Depok / Dr. Komarudin, M.Eng., Dr.rer.pol. Romadhani Ardi, M.T., Finna Handafiah, S.T., Maria Tri Yunita, S.T., M.T., Mohammad Safa'at, S.T., M.T.
  • Musical instruments parade of youth [rekaman suara] : balaganjur / Yan Bero
  • Amir Hamzah : penyair besar antara dua zaman dan uraian nyanyi sunyi / oleh S. Takdir Alisjahbana
  • Album rohani [rekaman suara] : do'a & do'a / Broery Pesulima, Ermy Kullit
  • 108 tanya jawab paten, merek dan hak cipta / Insan Budi Maulana
  • Pembangunan untuk rakyat : memadukan pertumbuhan dan pemerataan / Ginandjar Kartasasmita
  • Kamus arsitektur & konstruksi / pengarang, Cyril M. Harris ; penyadur, Susanto