Sampul
Cite This                Tampung       
Jenis Bahan Monograf
Judul Pengantar laboratorium fisika : (alat ukur dasar dan ketidakpastian pengukuran) / Muh. Said L, S.Si., M.Pd. ; editor, Rahmaniah
Judul Asli
Judul Seragam
Pengarang Muh. Said L. (penulis)
Rahmaniah (editor)
Edisi Cetakan I, 2011
Pernyataan Seri
Penerbitan Makassar : Alauddin University Press, 2011
Deskripsi Fisik x, 253 halaman : ilustrasi ; 21 cm
Jenis Isi teks
Jenis Media tanpa perantara
Jenis Wadah volume
Informasi Teknis
ISBN 978-602-237-188-5
ISSN
ISMN
Subjek Fisika - Laboratorium - Penelitian
Abstrak Sains adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang gejala alam. Sains berasal dari kata latinyang berarti “ mengetahui ”. Sains terbagi atas beberapa cabang ilmu pengetahuan. Pada awalnyasains merupakan satu kesatuan yang dikenal sebagai filosofi alam, tetapi dalam perkembangannyaterdapat pengelompokan sains yang terdiri dari ilmu fisika, kimia, biologi, dan sebagainya, sehinggadalam perkembangannya kelompok sains tersebut saling mempengaruhi dan terkait satu sama lain. Nah, muncul suatu pertanyaan: bagaimana dengan kedudukan fisika dalam ilmu sains? Untukmemahami pertanyaan ini, perhatikan beberapa hal yang berkaitan dengan sains fisika secara umumsebagai berikut:a. Pekerja yang bekerja pada bidang terapi kesehatan fisik akan dapat melakukan pekerjaannya dengan lebih efektif dan efisien jika paham tentang prinsip pusat gravitasidan cara kerja gaya-gaya dan otot dalam tubuh manusia. b. Seorang arsitek tentu harus paham tentang ilmu fisika yang mempelajari gaya padastruktur setimbang bangunan, agar rancangan yang dibuat lebih stabil, aman dan dapat berdiri kokoh. c. Seorang atletik olahraga renang akan paham konsep fisika jika mempelajari tentang gayadan gerak serta sistem kesetimbangan gaya agar ia dapat bergerak dengan cepat danseimbang.d. Ilmuan Luigi Galvani , berhasil membuat fenomena kelistrikan hewan pada saatmengamati hentakan kaki katak bersentuhan dengan dua logam yang tidak sejenis. Fisika mempelajari gejala-gejala alam seperti gerak, panas, optik, gelombang, kelistrikan,fluida, benda lenting dan sebagainya. Semua gejala ini adalah bentuk dari ” energi ” yang didalamnya tediri dari materi-materi. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa fisika sangat eratketerkaitannya antara materi dengan energi. Sains fisika sebagai aktivitas kreatif bermanfaat untukmemahami fenomena alam yang terjadi. Salah satu tujuan utama mempelajari sains fisika padaumumnya adalah sebagai usaha untuk mencari keteraturan, kesetimbangan dan menentukankeserasian dalam pengamatan pada alam sekitarnya (lingkungannya).
Catatan Bibliografi : halaman 251-253
Bahasa Indonesia
Bentuk Karya Tidak ada kode yang sesuai
Target Pembaca Umum
Lokasi Akses Online
 
 

Karya Terkait

  • Pelajaran fisika / Tim penulis, Muh. Abduh Makka ... [et al.]
  • Fisika praktis : cara mudah memahami Fisika / Muhammad Akrom
  • Fisika berkarakter : PPK dalam pembelajaran fisika SMA/MA / penulis, Muhammad Jazari ; editor, Agus Dwianto
  • Pelajaran fisika : berdasarkan kurikulum SMU 1994-GBPP SMU / Tim penulis, Muh. Abduh Makka ... [et al.
  • Pengembangan program simulasi komputer pada perkuliahan gelombang dan optika untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif calon guru fisika/ Muh. Tawil
  • Hubungan penerapan siklus penjaminan mutu dengan peningkatan kinenerja unit kerja di Universitas tanjung pura/Muh Ishak Jumarang, H.A A Oramahi, Eva Faja Ripanti
  • Pengaruh substitusi gadolinium terhadap lantanum pada superkonduktor La1.25Sr0.15Cu04 / Muhammad Margono
  • Kamus fisika :mekanika
  • Fisika umum : telaah gejala alam secara terintegrasi / penulis, Suparwoto ; penyunting, Muh. Hasan
  • Rumus-rumus fisika / Moch. Ilyas HS.