Abstrak |
Teksnya dirancang untuk mahasiswa yang sedang belajar menulis berdasarkan genre. Ini memberikan informasi tentang sifat dan karakteristik dari lima belas jenis teks yang berbeda yang biasanya diperlukan untuk tujuan akademis seperti recount, narrative, spoof, anecdote, deskriptif, report, eksplanasi, procedure, hortatory exposition, analytical exposition, discussion, news item, commentary, resensi buku, dan resensi kritis. Yang membuat buku ini lebih menarik adalah perspektif genre itu sendiri. Ini memandang genre dalam dua cara: sebagai jenis teks tulisan dan sebagai pendekatan untuk mengajar dan belajar menulis. Oleh karena itu, buku ini tidak hanya berfokus pada apa dan bagaimana menulis tetapi juga bagaimana mengajar dan belajar menulis itu sendiri. Singkatnya, buku ini mencoba menyajikan lebih detail dari lima belas jenis teks dengan membimbing peserta didik secara sistematis untuk mempelajarinya masing-masing melalui langkah-langkah mulai dari brainstorming, pemodelan teks, konstruksi bersama, dan konstruksi mandiri tulisan. Selain itu, buku ini juga memberikan dan membimbing siswa untuk menilai tugas menulis dalam perspektif genre. Untuk melakukannya, rubrik penilaian yang unik dan khas juga diperkenalkan di akhir setiap bab, yang sangat informatif bagi pelajar dan guru. |