Sampul
Cite This                Tampung       
Jenis Bahan Monograf
Judul Pendidikan al-quran dan pendidikan al-hadist : terampil mendesain pembelajaran dan pengajarannya / Dra.Chusniatun, M.Ag., Nurul Latifatul Inayati, S.Pd.I., M.Pd.I., Maria Ulfa, S.Pd.I., M.Pd.I
Judul Asli
Judul Seragam
Pengarang Chusniatun (penulis)
Nurul Latifatul Inayati (penulis)
Maria Ulfa (penulis)
Edisi Cetakan pertama, November 2018
Pernyataan Seri
Penerbitan Surakarta : Muhammadiyah University Press, 2018
© 2018
Deskripsi Fisik xvii, 246 halaman ; 23 cm
Jenis Isi teks
Jenis Media tanpa perantara
Jenis Wadah volume
Informasi Teknis
ISBN 978-602-361-169-0
ISSN
ISMN
Subjek Al-Qur'an - studi dan pengajaran
Hadis - studi dan pengajaran
Abstrak Al-hamdulillah, penulisan buku ajar Pendidikan Al-Our'an dan Pendidikan Al-Hadist dapat selesai sesuai jadwal. Kelancaran proses ini karena dukungan dan fasilitas dari Universitas Muhammadiyah Surakarta melalui Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah (LPPI). Penulisan buku ajar ini merujuk pada kurikulum dan Rencana Pembelajaran Semeter (RPS) mata kuliah Pendidikan Al-Our'an dan Pendidikan Al-Hadist. Di Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), mata kuliah ini merupakan materi utama yang diajarkan pada mahasiswa semester akhir. Pendidikan Al-Ouran dan Pendidikan Al-Hadist merupakan mata kuliah utama di setiap Prodi PAI, maka buku ajar ini diharapkan dapat membantu dan memudahkan mahasiswa Prodi PAI untuk memahami konsepkonsep desain pembelajaran dan pengajaran materi al-Ouran dan al-Hadist. Sejak beberapa tahun terakhir ini, publikasi buku ajar Pendidikan Al-Our'an dan Pendidikan Al-Hadist belum secara luas ada di pasaran. Dalam situasi demikian, kehadiran sebuah buku baru harus mampu menampilkan diferensiasi. Titik perbedaan dengan buku-buku serupa yang telah lebih dulu beredar adalah buku ini memuat materi yang dapat membekali calon pendidik dapat mengajar materi al-Our'an dan al-Hadits. Diantaranya adalah materi ajar al-Ouran dan al-hadits di tingkat SMP/SMA atau MTs/MA, bagaimana cara merumuskan tujuan pembelajarannya, bagaimana memilih metode pembelajaran, bagaimana cara mengevaluasi pembelajaran, bagaimana memilih sumber, media, alat pembelajaran yang tepat, serta latihan mengajar (microteaching). Buku ini juga dapat dijadikan rujukan bagi guru PAI di tingkat SMP/SMA atau MTs/MA untuk meningkatkan kualitas dalam mengajar di dalam kelas.
Catatan Bibliografi : halaman 241-243
Bahasa Indonesia
Bentuk Karya Bukan fiksi
Target Pembaca Umum
Lokasi Akses Online
 
 

Karya Terkait

  • Ma'rifatul qur'an [sumber elektronik] : CD interaktif : presentasi materi tarbiyah 6
  • Pengajian ayat-ayat suci Al Qur'an [rekaman suara] : surat Al Ambiya / Hj. Maria Ulfah
  • Metode cepat & praktis belajar membaca Al-Qur'an [rekaman suara] / oleh K.H. Sulhan
  • Al- Qur,an- Al- Karim
  • Mari belajar membaca Al-Qur'an [rekaman video]
  • Nahwu dan Sharaf
  • Nahwu dan Sharaf
  • Kitab Minkaj dan Fara
  • Tilawatil Qur'an juz 18 [rekaman suara] / H. Muammar Z.A.
  • Pengajian ayat-ayat suci Al Qur'an [rekaman suara] : surat Al-Hajj / Hj. Maria Ulfah