Judul |
Komunikasi di era teknologi digital : kajian ekonomi digital, media dan budaya komunikasi / pengarang, Christiany Judhita, Vience Mutiara Rumata, Firda Zulivia Abraham, Dida Dirgahayu, Tristania R.A.P, C. Suprapti Dwi Takarani,Rieka Mustika, Lidya Agustina, Emmy Poentarie, Emilsyah Nur, Haryati, Didik Haryadi Santoso, S.Arifianto, Laila, Fahrianoor ; editor, S. Arifianto, Christiany Juditha |
Abstrak |
Diakui atau tidak, hadirnya teknologi informasi dan komunikasi (TIK) global berjenjang internet yang berkembang secara masif dewasa ini telah mengubah pranata social, budaya, politik, ekonomi, teknologi dan peradaban manusia di muka bumi ini. Bahkan mesin teknologi informasi dan komunikasi itu seolah – olah akan menggilas siapapun. Persoalan utama dalam kontek perkembangan peradaban teknologi informasi dan komunikasi ini adalah bagaimana, pengaruhnya terhadap semua aspek yang bersinggungan dengan teknologi digital ini. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berbasis digital telah menggeser sebagian peradaban manusia sebagai penggunanya. Dalam istilah yang lebih makro disebut “pergeseran budaya teknologi”. Pada saat ini dunia bisnis telah mengalami pergeseran dari yang bersifat konvensional ke-bisnis modern berbasis digital (e-commerce). Pergeseran budaya bisnis modern ini linier dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berbasis internet. Tetapi untuk pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia tentulah tidak mudah. Keterbatasan konektivitas, infrastruktur dan jaringan TIK saat ini masih menjadi tantangan bisnis berbasis media digital ini. Penggunaan media digital diprediksikan tetap akan mendominasi budaya komunikasi di masa mendatang. Budaya komunikasi pasca hadirnya media digital ini mengalami pergeseran hampir disemua lini, khususnya pengguna media social. Media social dianggap sebagai salah satu media yang bisa menjembatani (bridging) sekaligus memenuhi (completing) segala kebutuhan informasi masyarakat di komunikasi tertentu. |