Sampul
Cite This                Tampung       
Jenis Bahan Monograf
Judul Mindset pembelajaran : 10 langkah mendidik siswa secara kreatif dan humanis/ Yusron Aminulloh ; editor, Saeful Badar, Uki Bayu Sejati ; penyunting, Faiz Manshur
Judul Asli
Judul Seragam
Pengarang Yusron Aminulloh (pengarang)
Saeful Badar (editor)
Uki Bayu Sejati (editor)
Faiz Manshur (penyunting)
Edisi Cetakan IV, Juli 2012
Pernyataan Seri
Penerbitan Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia, 2012
Deskripsi Fisik 206 halaman : ilustrasi ; 22 cm
Jenis Isi teks
Jenis Media tanpa perantara
Jenis Wadah volume
Informasi Teknis
ISBN 978-602-8394-69-7
ISSN
ISMN
Subjek Pembelajaran
Pendidikan moral
Psikologi pendidikan
Pendidikan - Studi dan pengajaran
Abstrak Guru adalah salah satu agen perubahan yang terdepan. Di tangan merekalah masa depan bangsa dipertaruhkan, karenanya pemahaman guru akan masa depan sangat penting, karena mereka “memegang” posisi kunci untuk mentransformasikan nilai-nilai kemajuan kepada anak didiknya. Melalui studi di berbagai negara ditemukan bahwa kemajuan suatu bangsa sangat terkait dengan nilai-nilai positif dan perilaku, serta karakter yang mendukung kemajuan. Antara lain tingginya saling percaya dan kemampuan saling bekerjasama antarwarga (radius of trust), kepatuhan pada hukum, kehidupan sederhana pejabat, dan penghargaan tinggi pada pekerjaan. Realitas yang ditunjukkan Lawrence itu memperlihatkan betapa peran guru sangat dominan untuk melakukan perubahan mindset kepada anak didik, agar mereka kelak menjadi generasi yang memiliki radius of trust antarmereka. Penulis juga melihat peranan guru bukanlah sekedar menjalankan profesi pekerjaan lazimnya karyawan kantoran, melainkan peranan penegak spiritualitas bagi para muridnya. Ia hadir karena amanah dari dua dimensi. Dimensi vertikal, langsung pada posisi “amanah” dari Tuhan, dan dimensi horisontal sebagai tugas sosial dari masyarakat.Itulah mengapa dalam buku ini banyak istilah spiritualitas seperti kasih sayang, cinta, ketuhanan, momentum, aliran kehidupan, dan seterusnya. Istilah-istilah positif (dari energi positif) tersebut oleh Yusron dijadikan senjata untuk melawan energy negatif berupa situasi kehidupan guru yang selama ini hidup tanpa motivasi, tanpa orientasi, tidak melihat peluang, stagnasi, dan lain sebagainya. Secara praktis buku ini berisi strategi komunikasi bijaksana saat guru berada di hadapan siswa. Kalimat indah dan positif harus dilakukan agar anak tidak terpengaruhi energi negatif seperti dari bentakan, kutukan dan sejenis ungkapan kasar. Apa yang ditawarkan Yusron memang bukan hal yang baru. Pesan-pesan kebijaksanaan dari agama dan ajaran leluhur setiap hari kita dengar. Tetapi selama ini pesan bijak tersebut hanya berupa larangan. Sementara Yusron mampu menjelaskan dampak luar biasa bagi kelangsungan kehidupan pendidikan.
Catatan
Bahasa Indonesia
Bentuk Karya Bukan fiksi
Target Pembaca Umum
Lokasi Akses Online
 
 

Karya Terkait

  • Aplikasi psikologi pendidikan dalam belajar & pembelajaran/ Donosuko
  • Bingkisan narasi pendidikan
  • Psikologi Pendidikan : Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran
  • Psikologi pendidikan : konsep dasar, teori, dan implikasinya dalam pembelajaran / Dr. Khusnul Wardan, M.Pd.; editor, Zulya Rahma Bahar
  • Psikologi pendidikan : landasan untuk pengembangan strategi pembelajaran / Siti Rosmayati, Ella Dewi Latifah, Arman Maulana
  • PPKn : pendidikan pancasila dan kewarganegaraan ; Hari Saptaningtyas, ali Fais
  • Psikologi pendidikan / Indra Kusuma
  • Psikologi pembelajaran / penulis, Jaja Suteja
  • Cara cerdas mendidik yang menyenangkan : berbasis super quantum teaching / Asep Mahfudz
  • Psikologi pembelajaran pendidikan agama islam/ Thahroni Taher.