Sampul
Cite This                Tampung       
Jenis Bahan Monograf
Judul Perpecahan & soliditas partai Islam di Indonesia : kasus PKB dan PKS di dekade awal reformasi / penulis, Firman Noor ; copyeditor, Annisa dan Lani
Judul Asli
Judul Seragam
Pengarang Firman Noor, (penulis)
Annisa, (Copyeditor)
Lina, (Copyeditor)
Edisi Cetakan pertama
Pernyataan Seri
Penerbitan Jakarta : LIPI Press, 2015.
Deskripsi Fisik xvi, 572 halaman ; 21 cm
Jenis Isi teks
Jenis Media tanpa perantara
Jenis Wadah volume
Informasi Teknis
ISBN 978-979-799-842-4
ISSN
ISMN
Subjek Partai Politik Islam - Indonesia
Partai Kebangkitan Bangsa
Partai Keadilan Sejahtera
Abstrak Buku ini mengungkap latar belakang dibalik perpecahan dan soliditas partai-partai Islam di Indonesia. Dengan menjadikan PKB dan PKS sebagai objek penelitian, pembahasan dalam buku ini memperlihatkan pentingnya pemantapan kondisi internal sebuah partai, baik dalam menghadapi terciptanya perpecahan maupun soliditas. Selain itu, buku ini juga menjawab anggapan bahwa faktor individu atau aktor adalah penyebab utama, apalagi satu-satunya, yang mengganggu atau mendorong keutuhan sebuah partai. Singkatnya, buku ini mengeksplorasi dan menganalisis berbagai faktor serta alasan di balik masalah perpecahan dan soliditas partai-partai politik Islam dalam kaitannya dengan keberadaan proses pelembagaan partai pada dekade pertama Era Reformasi (1998–2008). Tidak salah lagi jika buku ini menjadi buku wajib bagi mahasiswa, dosen, peneliti, ataupun masyarakat umum. Mengapa? Karena buku ini membuka wawasan dan pemahaman mengenai dinamika kepartaian Islam dalam politik Indonesia kontemporer. Berbagai informasi dan kajian penting dalam buku ini di antaranya: 1) Latar belakang kegagalan partai Islam dalam menjaga keutuhan, dan di sisi lain kemampuan partai Islam dalam menggalang soliditas internalnya; 2) Dampak konsistensi dalam menjalankan konstitusi dan prosedur partai dalam membangun rasa percaya pada partai; 3) Dampak keberadaan mekanisme penyelesaian konflik yang mumpuni dan terlembaga dalam menjaga rasa keadilan internal; 4) Dampak kaderisasi yang sistematis, bahwa kedudukan seseorang ditentukan oleh prestasinya dan bukan semata karena faktor like or dislike, terhadap terbangunnya semangat kebersamaan; 5) Dampak komitmen atas nilai-nilai yang diyakini bersama, yakni komitmen atas ideologi yang diusung oleh partai terhadap sikap mendahulukan kepentingan partai.
Catatan Indeks
Bibliografi : halaman 469-498
Bahasa Indonesia
Bentuk Karya Bukan fiksi
Target Pembaca Umum
Lokasi Akses Online
 
 

Karya Terkait

  • Bertahan hidup di Gulog Indonesia / Carmel Budiarjo ; alihbahasa, Lina
  • Pari : Partai Repoeblik Indonesia / Tan Malaka
  • Pernyataan & seruan :pertemuan wakil-wakil partai-partai komunis dan parta-partai buruh
  • Aksi politik gerakan partai Tionghoa Indonesia di Surabaya tahun 1932-1942 : laporan penelitian / oleh Latifatul Izzah.
  • 9 Komentar Mengenai Partai Komunis/ Jiuping
  • Partai Politik
  • Himpunan keputusan Sidang Dewan Partai Muslimin Indonesia ke III, tanggal 15 s/d 19 April 1970
  • Jurus sakti partai baru / Pusat Data dan Analisa Tempo
  • Kenang-kenangan setahun Partai Muslimin Indonesia
  • Buku anggaran dasar dan rumah tangga Partai Katolik