Sampul
Cite This        Tampung       
Jenis Bahan Monograf
Judul Efektivitas program pelatihan pengembangan konsep diri terhadap konsep diri dan prestasi akademik siswa Sekolah Menengah Pertama : (suatu studi eksperimental terhadap siswa kelas II di SMP Mardiyuana, Depok) / oleh Betty Dwi Kurnianingsih
Judul Seragam
Pengarang Betty Dwi Kurnianingsih
Edisi
Pernyataan Seri
Penerbitan 1994
Deskripsi Fisik x,150 lembar : ilus. ; 29 cm.
Jenis Isi
Jenis Media
Jenis Wadah
Informasi Teknis
ISBN
ISSN
ISMN
Subjek Disertasi akademik - Jakarta
Psikologi belajar
Abstrak Penelitian ini menggunakan rancangan ┬┐Solomon four group design┬┐. Kelompok pertama yang mendapatkan pretes, tanpa perlakuan, postes. Kelompok kedua yang mendapatkan pretes, perlakuan, postes. Kelompok ketiga yang hanya mendapatkan postes dan kelompok keempat yang mendapat perlakuan dan postes. Alat yang digunakan, test kecerdasan standard progressive matrices (SPM), skala konsep diri (sebagai pretes dan postes), hasil belajar/prestasi siswa dari nilai rata-rata ujian sumatif dan ujian harian terhadap 12 mata pelajaran. Sampel penelitian adalah siswa kelas II SMP Mardi Yuana Depok yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 182 siswa. Jumlah siswa perempuan 94 orang, jumlah siswa laki-laki 88 orang. Usia berkisar antara 13 sampai 16 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan lebih tinggi dalam konsep diri antara siswa yang memperoleh program PPKD maupun siswa yang tidak memperoleh perlakuan apapun. Namun ada efek interaksi antara pretes dengan eksperimen (perlakuan). Kelompok yang mendapat perlakuan maupun pretes, postesnya lebih tinggi disbanding kelompok yang tidak mendapat perlakuan tetapi mendapat pretes
Catatan Tesis (Magister) - Universitas Indonesia, 1994
Bibliografi : lembar 97-99
Bahasa Indonesia
Bentuk Karya Bukan fiksi
Target Pembaca Umum
Lokasi Akses Online
 
 

Karya Terkait

  • Pengaruh pemberian penguatan terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas V SD : (suatu studi eksperimental peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN 01 Pagi Warakas Jakarta Utara) / oleh Wirda Hanim
  • Pengaruh religiusitas terhadap disiplin dan regulasi diri dalam belajar (Self-regulated learning) siswa SMP : (penelitian pada siswa SMP Negeri di Kota Bekasi / Mahmudin
  • Penguasaan teknik komunikasi sosial dan hubungannya dengan intelegensi, kecakapan sosial, sikap terhadap bidang studi teknik komunikasi sosial dan konsep diri siswa : penelitian pada siswa-siswa SMPS Marsudirini / oleh Sr. Michael Sumiyati
  • Motivasi berprestasi dan konsep diri sebagai predikator prestasi belajar matematika siswa SD kelas V dan VI di daerah Istimewa Yogyakarta, 1984 /oleh Sukardjono
  • Motivasi berprestasi dan konsep diri sebagai predikator prestasi belajar matematika siswa SD kelas V dan VI di daerah Istimewa Yogyakarta, 1984 /oleh Sukardjono
  • Prestasi siswa kelas IV Sekolah Dasar dalam penguasaan konsep volume dan penerapannya sehubungan dengan kesiapan siswa /oleh Bambang Dwi Hartono
  • Hubungan antara konsep diri matematika dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar matematika siswa-siswa kelas I SMA Negeri di Kotamadya Ujung Pandang / oleh, Mappaita Muhkal
  • Hubungan antara sikap siswa, sikap ibu, sikap guru terhadap matematika dan inteligensi siswa dengan prestasi belajar matematika siswa sekolah dasar kelas II : (suatu penelitian di SD Kwitang II s/d VIII PSKD) / Sondang Maria J Silaen
  • Konsep diri mahasiswa, sikap mahasiswa terhadap mata kuliah dan hubungannya dengan prestasi belajar mata kuliah tersebut : (suatu penelitian pada mata kuliah "psikologi dalam pemeriksaan" di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) / oleh Tasli
  • Hubungan antara pengaturan diri dalam belajar, self efficacy, lingkungan belajar di rumah, dan inteligensi dengan prestasi belajar : suatu studi perbandingan antara siswa berbakat dengan siswa biasa kelas satu SMA di Jakarta / Aniati Prasedyawati Herkusumo