Sampul
Cite This                Tampung       
Jenis Bahan Monograf
Judul Model pembelajaran terpadu di sekolah dasar / Dr. Mohamad Syarif Sumantri, M.Pd
Judul Asli
Judul Seragam
Pengarang Mohamad Syarif Sumantri (penulis)
Edisi Cetakan ke-1, Oktober 2016
Pernyataan Seri
Penerbitan Jakarta : Rajawali Pers, 2016
©2016, pada penulis
Deskripsi Fisik viii, 158 halaman : ilustrasi ; 23 cm
Jenis Isi teks
Jenis Media tanpa perantara
Jenis Wadah volume
Informasi Teknis
ISBN 978-602-425-033-1
ISSN
ISMN
Subjek Pembelajaran - Model
Metode belajar
Abstrak Buku ini merupakan referensi pendukung bagi dosen PGSD dan mahasiswa dalam perkuliahan Permbelajaran. Secara teoretis kajian mengenai pembelajaran terpadu ini tentunya membawa manfaat pada pengembangan teoretis hal-hal yang berhubungan dengan proses pembelajaran di Sekolah Dasar. Secara praktis, tentunya dengan adanya pembahasan mengenai pembelajaran terpadu ini dapat menjadi dasar acuan dalam mengembangkan dan mengimplementasikan proses pembelajaran di kelas melalui model pembelajaran terpadu. Dalam mengembangkan kompetensi hasil belajar siswa SD maka karakteristik tumbuh kembang peserta didik Sekolah Dasar dan sosial budaya mereka perlu menjadi pertimbangan utama, seorang guru dalam merancang dan penyelenggarakan pembelajaran semua bidang studi di sekolah dasar. Buku pembelajaran terpadu didasarkan pada tertimbangan konsep DAP (Developmentally Appropriate Practices), artinya setiap kegiatan pembelajaran memberikan pengalaman belajar siswa usia SD harus sesuai dengan tumbuh kembang dan latar sosial budaya siswa SD. Alasan ke 2 mengapa buku ini perlu dipertimbangkan adalah pada saat ini sekolah dasar khususnya di kelas awal telah mengunakan kurikulum tematik, dan pembelajaran tematik adalah salah satu bagain kajian dari pembelajaran terpadu. Buku ini menguraikan Dasar Pemikiran, Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar, Tahap Perkembangan Kognitif Piaget, Kemampuan Berpikir Anak Usia Sekolah Dasar, Cara Belajar Anak Usia Sekolah Dasar, Apa yang dimaksud dengan pembelajaran terpadu, lalu dilanjutkan dengan membahas hakikat pembelajaran terpadu, mengapa perlu pembelajaran terpadu? karakteristik pembelajaran terpadu, model-model pembelajaran terpadu, hakikat model pembelajaran tematik, prinsip dasar pembelajaran tematik, arti penting pembelajaran tematik, karakteristik pembelajaran tematik, landasan teoritik dan empirik pembelajaran tematik, teori belajar yang melandasi pembelajaran tematik, jenis-jenis pembelajaran terpadu, dan di akhiri membahas whole language, penilaian pembelajaran terpadu, implementasi pembelajaran terpadu di sekolah dasar.
Catatan Bibliografi : halaman 153-155
Bahasa Indonesia
Bentuk Karya Bukan fiksi
Target Pembaca Umum
Lokasi Akses Online
 
 

Karya Terkait

  • Sistem evaluasi pembelajaran PAI : Book chapter / Penulis, Uswatun Khasanah, Tiara A P , Adinda DN , Mohamad AT, Ummi HRU {dan tiga puluh enam orang lainnya} ; Penyunting, Khoshshol Fairuz
  • Self love : cintailah dirimu, maka kehidupan akan mencintaimu / Janeera Amba ; penyunting, Zaka Putra Ramdani
  • Desain Pembelajaran Berbasis Proyek / Abdul Rahmat, Mohamad Zubaidi, Mira Mirnawati
  • Pembelajaran bercerita : metode pembelajaran bercerita dengan metode Sugestopedia untuk meningkatkan keterampilan berbahasa siswa di sekolah dasar /
  • Strategi pembelajaran : teori dan praktik di tingkat pendidikan dasar / Dr. Mohamad Syarif Sumantri, M.Pd.
  • Teori, metode, dan kajian filologi / Elis Suryani ; editor : Rangga Saptya Mohamad Permana, Aswina Siti Maulidyawati
  • Pembelajaran fikih dengan metode demonstrasi pada siswa MI /
  • Penerapan metode silent way dalam pembelajaran bahasa Inggris /
  • Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013 / Dr. Yunus Abidin, M.Pd. ; editor, Aep Gunarsa, SH.
  • Guru asyik, murid fantastik! / Abdul Muis Joenaidy ; editor, Mutthiawanie Romadhony