Sampul
Cite This                Tampung       
Jenis Bahan Monograf
Judul Agama dan demokrasi : munculnya kekuatan politik Islam di Tunisia, Mesir dan Libya/ Indriana Kartini, Zainuddin Djafar, M. Hamdan Basyar, Dhurorudin Mashad, Muhammad Fakhry Ghafur; editor, Indriana Kartini
Judul Asli
Judul Seragam
Pengarang Indriana Kartini (penulis -) - (Demokrasi dan kebangkitan politik Islam di Tunisia)
Zainuddin Djafar (penulis -) - (Islam dan demokrasi di Tunisia, Mesir, dan Libya: sejarah dan dinamika)
Hamdan Basyar, M. (penulis -) - (Demokrasi dan kekuatan politik Islam di Mesir)
Dhurorudin Mashad (penulis -) - (Demokrasi dan munculnya kekuatan politik Islam di Tunisia, Mesir, dan Libya: catatan penutup)
Muhammad Fakhry Ghafur (penulis -) - (Demokrasi dan kekuatan politik Islam di Tunisia, Mesir, dan Libya: catatan pengantar)
Indriana Kartini (editor)
Edisi Cetakan pertama, Januari 2016
Pernyataan Seri
Penerbitan Bandung : PT. Dunia Pustaka Jaya, 2016
Deskripsi Fisik 226 halaman: ilustrasi; 21 cm
Jenis Isi teks
Jenis Media tanpa perantara
Jenis Wadah volume
Informasi Teknis
ISBN 978-979-419-439-3
ISSN
ISMN
Subjek Islam - Politik
Demokrasi Islam
Islam dan politik internasional
Abstrak Arab Spring oleh sebagian kalangan dianggap sebagai momentum panggilan bagi tegaknya demokrasi dan kebebasan di Timur Tengah, setelah beberapa dekade kawasan itu dipimpin oleh rezim otoriter. Negara-negara di kawasan ini memang umumnya dipimpin oleh rezim despotik, baik yang berkarakter monarki konservatif ataupun rezim progresif revolusioner. Namun, Desember 2010 tampaknya telah menjadi tanda awal bagi retaknya kekuatan rezim despotik dan tumbuhnya pemerintahan yang lebih demokratis di kawasan Timur Tengah. Beberapa rezim despotik yang bercorak progresif revolusioner bahkan akhirnya bertumbangan, seperti di Tunisia, Mesir dan Libya. Untuk rezim monarki konservatif memang belum ada satupun yang runtuh, namun gejolak demokrasi tetap tidak mampu disterilkan seperti terjadi di Bahrain. Musim semi bagi demokratisasi di Timur Tengah bermula ketika terjadi pergolakan politik di Tunisia Desember 2010 yang kemudian menyebar ke Mesir, Libya, Aljazair, Yaman, Bahrain dan Suriah yang sampai saat ini masih bergejolak. Buku ini mempunyai perhatian di bidang agama dan demokrasi pada umumnya dan politik Islam pada khususnya-berupaya untuk memberikan pemahaman yang mendasar mengenai agama dan demokrasi di beberapa negara, dan memberikan masukan dalam perumusan kebijakan ilmu pengetahuan. Hubungan antara hasilriset dengan perumusan kebijakan merupakan hal yang membutuhkan eksplorasi lebih jauh sehingga bersifat saling melengkapi.
Catatan Bibliografi : halaman 215-223
Bahasa Indonesia
Bentuk Karya Bukan fiksi
Target Pembaca Umum
Lokasi Akses Online
 
 

Karya Terkait

  • Nahwu dan Sharaf
  • Nahwu dan Sharaf
  • Kitab Minkaj dan Fara
  • Ilmu ramal dan obat
  • Al-Miftah Ma Rifat Islam Wa Al-Iman
  • Syarah Ma, Rifat Al Islam WA Al - Iman
  • Problematika kekuatan politik islam di Yaman, Suriah, dan Aljazair / Penulis Muhammas Fakhry Ghafur, M. Hamdan Basyar, Dhurorudin Mashad, Indriana Kartini, Nostalgiawan Wahyudhi; editor Muhammad Fakhry Ghafur.
  • Kekuatan politik Islam di Bahrain, Qatar, dan Lebanon / Indriana Kartini, M. Hamdan Nasyar, Dhurorudin Mashad, Muhammad Fakhry Ghafur, Nostalgiawan Wahyudhi ; editor, Indriana Kartini
  • AL-MA,NA DI AL-AJI AL-HAL
  • Eligi detik /